·
Tips
Menulis dan membuat Artikel Berkualitas standar SEO - Salah satu aktivistas yang menjadi rutinitas blogger
adalah membuat artikel, sebelum artikel dibuat pada umumnya para blogger akan
mencari dan mendapatkan kata kunci terlebih dahulu untuk judul artikel
mereka, tentunya untuk udul artikel yang berkualitas standar seo dan mudah
untuk ditemukan mesin pencari kita harus membidik kata kunci yang memang
benar-benar banyak diminati atau banyak dicari, dan sebisa mungkin
menemukan kata kunci yang memiliki tingkat kompetitor yang rendah, untuk
mendapatkan kata kunci tersebut kita bisa melakukan riset kata kunci dengan google
keyword planner, namun sayang kata kunci yang memiliki tingkat
pencarian tinggi atau populer dan banyak diminati biasanya akan memiliki jumlah
pesaing yang cukup banyak juga, sehingga ketika kita menggambil keputusan untuk
menggunakan kata kunci tersebut untuk judul artikel yang akan kita buat, mau
tidak mau harus mampu bersaing dengan artikel blogger lainnya yang sudah lebih dulu
menggunakan kata kunci relevan tersebut pada blog mereka.
·
·
lantas bagaimana caranya meskipun tingkat pesaing tinggi, tetapi artikel kita memiliki kesempatan untu mudah ditemukan oleh mesin pencari bahkan bisa menduduki ranking 1 google?. pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat artikel postingan berkualitas SEO dan mudah ditemukan oleh mesin pencari google, berikut garis besar yang akan dijelaskan mengenai cara membuat artikel agar mudah ditemukan mesin pencari google:
1. Membuat artikel setidaknya 1500 suku kata atau lebih
2. Membuat internal link pada artikel yang lebih populer
3. Melibatkan LSI Keywod dalam artikel
4. Memberikan bold dan italic pada kata kunci dalam artikel
5. Membuat artikel Berkualitas
6. Menggunakan kata kunci long tail keyword dan menempatkan kata kunci yang kita bidik pada suku kata pertama.
7. Memperhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage
lantas bagaimana caranya meskipun tingkat pesaing tinggi, tetapi artikel kita memiliki kesempatan untu mudah ditemukan oleh mesin pencari bahkan bisa menduduki ranking 1 google?. pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat artikel postingan berkualitas SEO dan mudah ditemukan oleh mesin pencari google, berikut garis besar yang akan dijelaskan mengenai cara membuat artikel agar mudah ditemukan mesin pencari google:
1. Membuat artikel setidaknya 1500 suku kata atau lebih
2. Membuat internal link pada artikel yang lebih populer
3. Melibatkan LSI Keywod dalam artikel
4. Memberikan bold dan italic pada kata kunci dalam artikel
5. Membuat artikel Berkualitas
6. Menggunakan kata kunci long tail keyword dan menempatkan kata kunci yang kita bidik pada suku kata pertama.
7. Memperhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage
· Tips Membuat Artikel Postingan agar mudah ditemukan mesin
pencari
·
Ketika sudah mendapatkan kata kunci
untuk judul postingan, maka langkah berikutnya yang harus kita perhatikan
adalah menganalisa tingkat pesaing kata
kunci , tujuannya adalah untuk mengetahui rata-rata jumlah pesaing
dan seberapa sulit tingkat persaingannya, riset tersebut berguna agar kita bisa
mengantisifasi segala bentuk kemungkinan, sehingga artikel yang akan kita buat
kita siapkan sedemikian rupa sehingga mampu bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari pada urutan 10
besar.
Tips berikut bisa kita gunakan dalam membuat artikel agar artikel atau postingan yang kita buat bisa bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari:
Tips berikut bisa kita gunakan dalam membuat artikel agar artikel atau postingan yang kita buat bisa bersaing dan mudah untuk ditemukan mesin pencari:
·
Buat
artikel setidaknya 1500 suku kata atau lebih
·
Ada yang bertanya, berapa sih
seharusnya jumlah suku kata dalam sebuah artikel itu?, sebenarnya untuk membuat
artikel, hanya 1 baris pun tidak masalah, bahkan ada yang menganjurkan minimal
200 suku kata, menurut saya itu memang tidak salah dan berapa pun suku katanya
itu sepertinya sah-sah saja, namun yang perlu diperhatikan untuk membuat
artikel yang lebih baik dan agar mudah ditemukan mesin pencari, disarankan
membuat artikel yang terdiri dari 1500 suku kata atau lebih,
semakin banyak itu semakin baik, bukan tanpa bukti untuk masalah panjang dan
tidaknya isi artikel, ini pernah di buktikan, beberapa yang pernah melakukan
penelitian untuk masalah ini adalah serpIQ dan MOZ, mereka membuktikan bahwa
artikel yang panjang yang terdiri dari 1000 sampai dengan 1500 suku kata atau
lebih, memiliki peluang yang lebih baik ditemukan mesin pencari. berikut
analisa grafik hasil riset mereka
# Temuan Moz, Memperoleh kesimpulan bahwa jumlah kata dalam artikel adalah jumlah link yang diterima oleh artikel tersebut.
# Temuan Moz, Memperoleh kesimpulan bahwa jumlah kata dalam artikel adalah jumlah link yang diterima oleh artikel tersebut.
·
,
·
Kita bisa lihat pada grafik diatas, ternyata semakin banyak jumlah suku kata rankingnya akan semakin kecil, dan semakin sedikit jumlah suku kata, maka rangkingnya akan semakin besar.
jadi artikel yang kita buat harus memiliki banyak suku kata
# Dan Juga hasil penelitian serpIQ blog, untuk skala besar, terlepas dari pengaruh seo offpage, judul artikel yang menduduki posisi 10 besar hasil pencarian adalah artikel yang memiliki 2000 suku kata atau lebih, berikut grafik hasil penelitian mereka:
Kita bisa lihat pada grafik diatas, ternyata semakin banyak jumlah suku kata rankingnya akan semakin kecil, dan semakin sedikit jumlah suku kata, maka rangkingnya akan semakin besar.
jadi artikel yang kita buat harus memiliki banyak suku kata
# Dan Juga hasil penelitian serpIQ blog, untuk skala besar, terlepas dari pengaruh seo offpage, judul artikel yang menduduki posisi 10 besar hasil pencarian adalah artikel yang memiliki 2000 suku kata atau lebih, berikut grafik hasil penelitian mereka:
·
Bisa kita lihat pada grafik diatas, bahwa yang menduduki posisi 10 besar adalah yang memiliki jumlah suku kata yang terdiri dari 2000 suku kata atau lebih. intinya makin banyak kata yang kita tulis kemungkinan untuk menjadi page 1 di Google semakin besar
keuntungan lain membuat artikel dengan suku kata yang banyak adalah, google akan menganggap bahwa artikel tersebut kaya akan informasi dan bukan hanya itu, beberapa universitas luar yang meneliti bahwa orang lebih suka menshare artikel yang memiliki tingkat informasi yang tinggi yang disajikan dalam artikel yang panjang, daripada artikel sederhana yang miskin akan informasi.
Bisa kita lihat pada grafik diatas, bahwa yang menduduki posisi 10 besar adalah yang memiliki jumlah suku kata yang terdiri dari 2000 suku kata atau lebih. intinya makin banyak kata yang kita tulis kemungkinan untuk menjadi page 1 di Google semakin besar
keuntungan lain membuat artikel dengan suku kata yang banyak adalah, google akan menganggap bahwa artikel tersebut kaya akan informasi dan bukan hanya itu, beberapa universitas luar yang meneliti bahwa orang lebih suka menshare artikel yang memiliki tingkat informasi yang tinggi yang disajikan dalam artikel yang panjang, daripada artikel sederhana yang miskin akan informasi.
·
Membuat
internal link pada artikel yang lebih populer
·
Ini adalah salah satu trik yang saya
sering pakai dan hampir slalu saya pakai, yaitu membuat link pada artikel yang
lebih dulu populer yang menuju URL artikel baru yang ingin kita populerkan,
internal link adalah link yang kita buat pada atau menuju alamat url artikel
kita yang lainnya dalam satu blog atau situs yang sama, internal linking
merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam Optimasi SEO Onpage,
untuk membuat internal link yang menuju ke artikel baru, langkah pertama
kita harus menemukan artikel milik kita yang sudah mendapatkan reputasi baik
dimata mesin pencari, artinya artikel tersebut mudah ditemukan oleh mesin
pencari, banyak dikunjungi dan menduduki posisi 1 sampai 3 besar pada SERP,
atau paling tidak berada pada urutan 10 besar mesin pencari google, setelah
berhasil ditemukan kita edit dan buat link dalam artikel tersebut yang menuju
artikel baru kita.
Berikut langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk menemukan artikel terbaik yang kita miliki untuk dipasang link internal ke artikel baru:
Berikut langkah-langkah yang bisa kita gunakan untuk menemukan artikel terbaik yang kita miliki untuk dipasang link internal ke artikel baru:
·
#a. Cara
ke 1, Melihat widget popular post.
·
Salah satu cara yang bisa kita
gunakan untuk mendapatkan informasi artikel yang paling banyak
ditemukan/populer, yaitu dengan melihat widget popular post pada halaman blog
yang kita miliki. jika anda kebetulan sudah memasang widget popular post pada
blog anda, silahkan anda lihat judul post-post pada popular post tersebut,
jika blog atau situs yang anda miliki memiliki niche campuran, maka
carilah popular post yang kira-kira memiliki niche yang relevan dengan artikel
baru anda, silahkan anda edit beberapa artikel populer anda tersebut dan
tambahkan didalamnya satu link yang menuju ke artikel baru anda. cara ini cukup
efektif untuk memancing trafik ke artikel baru yang kita terbitkan.
·
#b.
Cara Ke 2, Gunakan Tool Open site Explorer untuk menemukan artikel yang
memiliki Page Authority tinggi
·
Untuk mendapatkan artikel dengan
page authority tinggi, bisa kita gunakan Open Site Explorer , dan ketikan alamat url blog yang kita
miliki misal: http://contohkode.blogspot.com/ dan tekan
tombol "Search"
Kemudian pada menu disebelah kiri cari dan tekan tombol "Top Page" seperti gambar dibawah ini
Kemudian pada menu disebelah kiri cari dan tekan tombol "Top Page" seperti gambar dibawah ini
·
·
data top page akan ditampilkan disebelah kanan, bisa kita lihat informasi dalam bentuk sebuah table seperti gambar berikut, coba kita amati pada kolom PA,
data top page akan ditampilkan disebelah kanan, bisa kita lihat informasi dalam bentuk sebuah table seperti gambar berikut, coba kita amati pada kolom PA,
·
Carilah beberapa artikel yang
memiliki PA yang tinggi dan gunakan artikel tersebut untuk meletakan link yang
menuju artikel baru yang kita miliki.
·
Libatkan
LSI keyword dalam artikel yang kita buat
·
Lsi keyword adalah kata
kunci yang relevan dengan kata kunci utama, untuk menemukan kata kunci LSI
sebenarnya tidak terlalu sulit, anda bisa baca artikel saya tentang cara menemukan kata kunci LSI,
jika kita sudah mendapatkan kata kunci LSI, kita catat kata kunci LSI tersebut
kemudian kita masukan kata kunci LSI tersbut dalam artikel yang akan kita buat,
semakin banyak itu semakin baik, semakin banyak suku kata berarti kata kunci
LSI yang bisa kita libatkan akan semakin banyak, namun yang terpenting adalah atur
bagaimana caranya agar isi artikel yang kita buat mudah utuk dipahami oleh
orang yang membacanya, silahkan rankai isi artikel dengan melibatkan kata kunci
LSI sedemikian rupa sehingga mudah untuk dipahami.
·
Memberikan
Bold dan Italic pada kata kunci LSI
·
Bold dan italic pada kata tertentu
akan dianggap oleh mesin pencari bahwa kata tersebut adalah penting, untuk
mendapatkan peluang terbaik agar artikel positngan yang kita buat mudah untuk
ditemuakan google salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan
menebalkan tiap kata kunci LSI yang kita pasang.
Dari segi SEO, penggunaan atribut tebal dan miring jelas membantu. beberapa ahli SEO meneliti, bahwa penulisan tebal mempunyai skor 3 dan penulisan miring memiliki skor 2. Ini membantu Google menemukan apa yang penting dari postingan yang kita buat. selain untuk kata kunci LSI tebal dan miring bisa kita gunakan untuk kata kunci utama yang kita bidik yang kita libatkan dalam isi artikel, misal jika kita mengambil judul "Optimasi seo Onpage" bisa saja kita menebalkan dan memiringkan kata kunci seo onpage yang terdapat dalam tulisan.
selain itu Penggunaan bold dan italic juga akan menghidupkan artikel. bukan hanya dimata mesin pencari seperti halnya Google, bahkan Anda sendiri akan merasakan nuansa yang berbeda ketika menemukan kata yang dicetak tebal atau miring pada suatu postingan. Tanpa sadar Anda berpikir, “Oh, ini penting”. Hal yang sama terjadi pada pengunjung juga yang kebetulan membaca isi artikel yang kita terbitkan.
Dari segi SEO, penggunaan atribut tebal dan miring jelas membantu. beberapa ahli SEO meneliti, bahwa penulisan tebal mempunyai skor 3 dan penulisan miring memiliki skor 2. Ini membantu Google menemukan apa yang penting dari postingan yang kita buat. selain untuk kata kunci LSI tebal dan miring bisa kita gunakan untuk kata kunci utama yang kita bidik yang kita libatkan dalam isi artikel, misal jika kita mengambil judul "Optimasi seo Onpage" bisa saja kita menebalkan dan memiringkan kata kunci seo onpage yang terdapat dalam tulisan.
selain itu Penggunaan bold dan italic juga akan menghidupkan artikel. bukan hanya dimata mesin pencari seperti halnya Google, bahkan Anda sendiri akan merasakan nuansa yang berbeda ketika menemukan kata yang dicetak tebal atau miring pada suatu postingan. Tanpa sadar Anda berpikir, “Oh, ini penting”. Hal yang sama terjadi pada pengunjung juga yang kebetulan membaca isi artikel yang kita terbitkan.
5.
Update artikel berkala dan buatlah artikel berkualitas
Update artikel secara berkala secara tidak langsung
memberikan signal kepada mesin pencari bahwa blog yang kita miliki mendapatakan
perhatian khsusus dari si pemiliknya, mesin pencari akan lebih menyukai blog
yang memiliki waktu penerbitan artikel secara teratur daripada blog atau situs
yang kurang memperhatikan waktu penerbitan artikel.
Pertanyaannya apakah memang benar frequensi update postingan berpengaruh pada rangking halaman?, saya pernah menyimak sebuah video dari Mat Cutt mengenai seberapa pentingkah pengaruh update postingan terhadap blog atau situs, pada vidio tersebut dapat disimpulkan, bahwa yang menjadi penilaian utama google adalah kulitas sebuah konten, tidak masalah apabila kita hanya melakukan Update artikel (posting) dengan jarak beberapa hari bahkan dalam hitungan minggu. artinya mesin pencari terutama google lebih memprioritaskan website atau blog yang menyajikan artikel berkualitas jika dibandingkan dengan frequensi update artikel.
Namun saya pribadi berpendapat update artikel tetap memiliki pengaruh terhadap blog yang kita miliki, karena semakin banyak judul postingan kita terbitkan berarti koleksi kata kunci yang terdapat dalam blog semakin lengkap dan itu dapat memberikan efek positif blog yang kita miliki mudah untuk ditemukan dengan beragam kata kunci.
Pertanyaannya apakah memang benar frequensi update postingan berpengaruh pada rangking halaman?, saya pernah menyimak sebuah video dari Mat Cutt mengenai seberapa pentingkah pengaruh update postingan terhadap blog atau situs, pada vidio tersebut dapat disimpulkan, bahwa yang menjadi penilaian utama google adalah kulitas sebuah konten, tidak masalah apabila kita hanya melakukan Update artikel (posting) dengan jarak beberapa hari bahkan dalam hitungan minggu. artinya mesin pencari terutama google lebih memprioritaskan website atau blog yang menyajikan artikel berkualitas jika dibandingkan dengan frequensi update artikel.
Namun saya pribadi berpendapat update artikel tetap memiliki pengaruh terhadap blog yang kita miliki, karena semakin banyak judul postingan kita terbitkan berarti koleksi kata kunci yang terdapat dalam blog semakin lengkap dan itu dapat memberikan efek positif blog yang kita miliki mudah untuk ditemukan dengan beragam kata kunci.
6.
Gunakan kata kunci long tail keyword untuk judul artikel dan letakan kata kunci
utama pada awal suku kata judul
Long tail keyword adalah
kata kunci panjang yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, untuk judul
artikel sebaiknya kita menggunakan long tail keyword, bisa saja kata kunci yang
kita bidik terdiri dari 2 suku kata saja, namun untuk judul artikel kata kunci
utama tersebut kita jadikan kata kunci panjang atau long tail keyword, caranya
adalah dengan menambahkan kata tambahan pada kata kunci utama yang kita bidik.
misal kata kunci utama yang kita bidik adalah "optimasi seo onpage"
untuk judul artikel kita harus rubah kata kunci utama tersebut dengan menambahkan
beberapa suku kata agar menjadi long tail keyword, bisa saja saya menambahkan
"optimasi seo onpage pada blog mudah" atau "langkah
mudah melakukan optimasi seo onpage", jika kita harus memilih dari dua
alternatif judul tersebut yang paling baik adalah judul "optimasi seo
onpage pada blog mudah" karena judul ini mengandung kata kunci yang kita
bidik yang kita letakan pada awal suku kata judul.
dengan long tail keyword halaman artikel akan lebih mudah ditemukan dengan kata kunci yang beragam, judul memiliki sekor 1, mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci yang terdapat dalam judul kemudian mencari kata kunci lainnya pada isi artikel.
dengan long tail keyword halaman artikel akan lebih mudah ditemukan dengan kata kunci yang beragam, judul memiliki sekor 1, mesin pencari akan memprioritaskan kata kunci yang terdapat dalam judul kemudian mencari kata kunci lainnya pada isi artikel.
7.
Perhatikan optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage
Faktor
yang tidak kalah penting adalah melibatkan optimasi seo onpage dan
offpage pada artikel yang kita terbitkan, optimasi seo onpage akan
memberikan dampak positif dari dalam blog sedangkan optimasi seo offpage akan memberikan
energi pada halaman blog yang kita miliki sehingga artikel yang kita terbitkan
memiliki peluang lebih baik dimata mesin pencari.
Demikian yang bisa saya share mengenai Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO: untuk menduduki ranking 1 google, semoga bermanfaat.
Demikian yang bisa saya share mengenai Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO: untuk menduduki ranking 1 google, semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar